Travelling Menarik ke Pulau Komodo Indonesia

Pulau Komodo Indonesia terletak di Kepulauan Nusa Tenggara sebelah timur pulau Sumbawa, yang merupakan habitat asli hewan komodo. Pulau ini sudah menjadi taman nasional yang dikelola oleh negara melalui pemerintah pusat. Di pulau ini komodo dengan jumlah lebih dari 1300 ekor dapat hidup dengan baik. Ditambah dengan populasi komodo di pulau sekitar seperti pulau Rinca dan pulau Gili Motang, jumlah mereka dapat lebih dari 2500 ekor. Karena di tinggali oleh hewan reptil besar liar, pulau komodo dilarang di tinggali oleh penduduk pendatang. Selain komodo, di pulau ini terdapat flora eksotis yang beragam seperti kayu sepang yang juga dapat digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian.

Panjang komodo yang mencapai 2 – 3 meter, komodo mempunyai berat 70 – 100 kilogram. Hewan ini menyukai padang rumput yang kering maupun rawa basah. Jika malam hari, komodo bersembunyi di dalam tanah sepanjang 2-3 meter untuk melindungi panas tubuhnya. Dengan nama latin “Varanus Komodoensis” dan nama lokal “Ora”, komodo dengan bentuk kadal raksasa ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1912 di harian besar Hindia Belanda oleh Peter A. Ouwens. Melalui artikelnya itu Peter mengenalkan komodo kepada dunia. Semenjak itu penelitian akan komodo terus dilakukan sampai sekarang. Menyadari akan ancaman kepunahan komodo, pada tahun 1915 pemerintah Belanda mengeluarkan larangan pembunuhan komodo.

Jika Anda dan keluarga ingin berwisata alam dengan menyelami laut biru, bermain pasir, mandi sinar matahari, melihat jejak masa lalu yang terpelihara lewat hewan reptil besar seperti komodo, ya di Indonesia Pulau Komodo tempatnya. Berkat usaha pemerintah dan masyarakat lokal dalam menjaga kelestarian pulau Komodo, kini wisatawan dapat melihat komodo dalam jarak yang cukup dekat dengan aman. Namun harus tetap diingat bahwa komodo adalah binatang karnivora yang berada di puncak rantai makanan. Mangsanya dapat berupa kambing, rusa, babi hutan dan burung. Pada situasi tertentu komodo bahkan dapat berlaku kanibal dengan memangsa komodo lain.

Selain menikmati wisata dengan menyaksikan komodo dari dekat, Anda dan keluarga juga dapat melakukan wisata air dengan menyelam. Penyelaman dapat di lakukan di sebelah utara dan selatan pulau Komodo. Perairan Utara merupakan perairan hangat hasil pertemuan Laut Banda dan Flores, sedangkan perairan selatan adalah perairan dingin dari arus samudera Indonesia. Kombinasi perairan ini menghasilkan ekosistem bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan spesies ikan yang berwarna-warni.

Sebagai salah satu pulau wisata andalan Indonesia, pulau komodo Indonesia telah menyediakan berbagai akomodasi berupa pondokan yang didirikan masyarakat setempat sampai resort bertaraf internasional. Untuk dapat mengetahui lokasi penginapan yang strategis, Anda dapat memanfaatkan situs pariwisata resmi wonderful Indonesia di Indonesia.travel.

simak artikel adiska lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *